Laporan Pengabdian kepada Masyarakat "SALES PROMOTION: Can Buy-1-Get-1 Strategy Increase Your Profit?"

Jundrio, S.E., M.M., Harry and Utami, Sos., M.B.A, Rahmi and Dr. Ardiansyah, S.Kom., M.M and Tribhuwana TD., S.E., M.M., Indira (2024) Laporan Pengabdian kepada Masyarakat "SALES PROMOTION: Can Buy-1-Get-1 Strategy Increase Your Profit?". Project Report. Politeknik Tempo, Jakarta.

[thumbnail of Laporan Pengabdian kepada Masyarakat] Text (Laporan Pengabdian kepada Masyarakat)
Laporan PkM MPI Sales Promotion SMKN 45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)

Abstract

Keberhasilan sebuah perusahaan meningkatkan penjualan tidak bisa dilepaskan dari sales promotion. Sales promotion adalah langkah yang mampu menarik minat target pasar dengan menumbuhkan daya tarik terhadap produk yang dijual. Membuat strategi sales promotion yang efektif menjadi tugas penting seorang sales marketing.
Sales promotion atau promosi penjualan adalah salah satu tipe marketing yang biasanya digunakan untuk memperkenalkan produk baru, menghabiskan produk lama, dan tentu saja menaikkan angka penjualan. Promosi penjualan biasanya meliputi keuntungan yang menarik dan dapat menaikkan brand awareness. Brand awareness tentu saja akan berpengaruh kepada pertumbuhan angka penjualan.
Sales promotion atau promosi penjualan terdiri dari berbagai kegiatan promosi, antara lain peragaan penjualan, kontes, pemberian sampel, displai titik pembelian, pemberian insentif, dan kupon. Pengeluaran promosi penjualan pada prinsipnya lebih besar daripada pengeluaran periklanan. Urutan teknik-teknik komunikasi dan insentif memberikan beberapa keuntungan, promosi dapat digunakan untuk menargetkan pembeli, menjawab kesempatan khusus, dan menciptakan insentif pembelian.
Sales promotion adalah bagian dari marketing plan yang telah tersusun dan dikerjakan pada periode tertentu. Biasanya kerap dilakukan saat awal tahun atau penutupan tahun sampai cuci gudang untuk menghabiskan stok di gudang. Tujuan sales promotion adalah dimaksudkan untuk mendorong keinginan konsumen melakukan pembelian dalam jangka pendek. Maksud dari jangka pendek adalah konsumen memiliki keinginan disaat itu juga atau melakukan pembelian dalam waktu dekat setelah melihat promosi.
Kelebihan sales promotion adalah memberikan cara alternatif untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek. Selain itu, promosi penjualan juga dapat menyesuaikan penawaran yang mereka berikan kepada target konsumen dalam jangka pendek sehingga membuat konsumen tertarik terhadap produk baru. Sedangkan kekurangan dari sales promotion adalah tidak memiliki efek dampak panjang atau jarang sekali bisa berhasil mendorong loyalitas konsumen baru karena mereka hanya memanfaatkan promo yang diadakan pada saat itu saja.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Manajemen Pemasaran Internasional > Laporan
Depositing User: S.IP Reva Wijayanti
Date Deposited: 14 Nov 2025 09:16
Last Modified: 14 Nov 2025 09:16
URI: http://repository.politekniktempo.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item
View Item