211210001, Abdullah Alfa Ruhma (2025) LENSABODONG PRODUCTION HOUSE SEBAGAI AGENSI YANG MELAYANI PRODUKSI BRAND COMMERCIAL ADVERTISING. Diploma thesis, Politeknik Tempo.
![[thumbnail of identitas skripsi MPI ABDULLAH.pdf]](http://repository.politekniktempo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
identitas skripsi MPI ABDULLAH.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of TA_MPI_211210001_ABDULLAH ALFA RUHMA.pdf]](http://repository.politekniktempo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA_MPI_211210001_ABDULLAH ALFA RUHMA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengembangkan lini bisnis produksi iklan komersial merek
(brand commercial advertising) melalui pendekatan berbasis proyek yang diwujudkan dalam
bentuk dua buah video dengan metode observasi dan wawancara. Kajian ini menekankan
pada proses kreatif dan manajerial dalam industri periklanan yang melibatkan tiga tahapan
utama, yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Setiap tahapan terdiri atas langkahlangkah
kompleks yang membutuhkan kolaborasi intensif antara pihak agensi dan klien. Hasil
kajian menunjukkan bahwa kerja sama yang efektif tidak harus mengorbankan salah satu
pihak, melainkan dapat memberikan keuntungan timbal balik jika didasari oleh kesepakatan
yang jelas dan pemahaman terhadap sudut pandang masing-masing. Selain itu, proses
negosiasi dalam produksi iklan tidak selalu berjalan sesuai rencana, sehingga diperlukan
keterampilan mendengarkan, pemahaman terhadap akar masalah, strategi cadangan, dan
kecerdasan situasional untuk mencapai hasil yang optimal. Kajian ini memberikan kontribusi
dalam bentuk model produksi iklan yang aplikatif dan adaptif terhadap dinamika hubungan
klien-agensi di industri kreatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Manajemen Pemasaran Internasional > Tugas Akhir |
Depositing User: | S.IP Reva Wijayanti |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 02:54 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 02:54 |
URI: | http://repository.politekniktempo.ac.id/id/eprint/31 |